Kota pelajar dan budayanya

Kalau dipikir-pikir sayang juga kalau cerita kehidupan gua di Jogja tidak diabadikan dimana-mana. Sempet naro di youtube tapi rada susah juga kalau ngerangkum 3 tahun jadi video singkat. Ini adalah cerita ABG yang berani-beraninya pindah ke Jogja untuk memulai kehidupan baru, tanpa mengenal satu orang pun. Mungkin di luar sana ada yang ragu untuk melanjutkan pendidikan di Jogja. But one thing for sure, please make sure you do that. There will be no regrets.

Kenapa gue bilang gitu?

Karena gua merasa i grow up being a better version of me di sini, di Jogja. Entah dari kepribadian gua, dari bagaimana hubungan gua ke manusia lain, dan dari segi pendidikan tentunya. Kali ini gua pengen sharing tentang apa aja sih yang perlu kalian ketahui tentang hidup di Jogja dan stigma yang ada, jiailah.

1. Setelah beberapa minggu disini gua langsung paham kenapa Jogja disebut sebagai Kota Pelajar. Hampir gaada jamkos hahaha dan gua merasa semua guru literally ngajar bener gitu disini, jadi jangan kaget kalau semua anak Jogja juga ambis hmm. Gua pernah kok ada di masa ketika melihat semua temen gua ambis, gua malah nge-down bukan makin semangat. Tapi ya gimana lagi ya, mau lu nge-down juga semua orang akan tetep ambis. Jadi mau gamau lu juga harus keep up sama mereka gitu.

2. If you want to be a student in Gadjah Mada University, it would be the best choice. Gua pindah ke Jogja sebenernya karena denger kalau siswa Jogja lebih gampang masuk UGM dibanding dari luar daerah. Tapi gua juga kebantu kondisi karena kaka gua lagi kuliah di Jogja si, jadi izin ke ortu gua tuh gampang gitu. Posisinya emang berat si nem Jogja tuh tinggi banget, gua 370,5 di Bekasi bisa masuk mana-mana, disini boro-boro masuk top 3 SMA Jogja juga mana bisa?

Cuma ya gua tetep kekeh pengen di Jogja jadi mari dijalani saja, dan alhamdulillah gua masuk UGM lewat jalur SNMPTN. Jujur emang ini jalur tuh enak banget kaya losss aja gitu, tapi ya gua berusaha konsisten selama 3 tahun di SMA. Harus bisa nyeimbangin kegiatan, ekskul, dan tentunya akademik. But it's definitely worth to try!

3. Softskills gua terlatih banget disini karena tiap sekolah punya banyak macam event, SMA gua sendiri punya kisaran 13 event pertahunnya. Mulai dari event internal kaya Hut sekolah, Hari Kartini, Tutup Tahun, dan event eksternal kaya lomba-lomba, try out, sampai konser. Menurut gua ini menarik, karena denger temen gua di Bekasi nyari sponsor sampe harus ke Jakarta segala, tapi bahkan disini tu cukup mudah gitu nyari sponsor karena apa ya, mungkin udah banyak yang ngerti kali ya kalau SMA Jogja sering ngadain event kaya gini gitu. Lumayan loh pengalaman megang event dengan dana 27 juta ga kecil-kecil amat kan? hahahah

4. Culture shock jelas wajar dan manusiawi. Gua yang di Bekasi merasa cukup lurus dan ga banyak tingkah disini keliatan slengean banget sumpah deh. Temen-temen gua di Jogja dan Bekasi jelas beda banget pembawaannya. Orang Bekasi kan kalo kesel suka nyindir atau paling engga keliatankan ya dari mukanya kalo benci ama orang, nah Orang Jogja tuh enggaaaa. Lu menemui musuh lu juga dia pasti akan kelihatan baik-baik aja men. Bener-bener gausah macem-macem deh lu disini serius wkwk.

5. Unggah-ungguh-nya kentel BANGET. Kalau di Bekasi kan ngobrol sama guru udah kaya temen ya, ghibah lah, curhat lah, santuy gitu. Disini tuh, oh tidak bisa:) Sama guru tuh harus yang hormat 90 derajat dah kalau bisa haha bercanda deng. Tapi pernah ya gua mencoba untuk ngomong bahasa jawa gitu kan, dan temen-temen gua tuh kalau ngomong iya tuh jadi ho'o. Gua pernah dikelas lagi belajar ditanya guru trus gua jawab ho'o, sekelas langsung liatin gua, temen samping gua langsung nyenggol gua trus bilang sama guru jangan ngomong ho'o WKWKWK

Panik abis gua pas itu asli, trus abis itu gua trauma dan gamau ngomong bahasa jawa lagi sama guru karena gua gangerti batasan bahasa yang harus dipakai tu kaya seberapa sopan gitu. Mulai dari situ gua kalau ngomong selalu baku sampai sebaku "Ibu, boleh kah saya bertanya?" ngaco banget tapi yaudah lah gua gamau di sumpah serapah dihati beliau-beliau punten.

Ini seputar per-sekolah-an aja sih diluar itu ya banyak lagi sebenernya. Menarik banget deh ternyata pindah tempat tinggal dan mempelajari budayanya. Harus adaptif tapi tentu banyak pelajaran didalamnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How's life?

Pementasan Bernyawa

Hai!