Titik balik kehidupan, katanya.

Hai! Jujur ganyangka banget bisa buka blog ini lagi dan berkaca pada devi-devi beberapa tahun silam. Gabisa dipungkiri juga dasarnya emang suka nulis akhirnya balik lagi kesini. Kemarin pas cek blog ini ternyata gua cuma munculin post-an terakhir, sisanya diumpetin semua hahaha. Tapi mari kita munculkan saja deh, toh jadi keliatan juga gimana gua tumbuh dilihat dari perbedaan cara menulis dan kosa katanya, ye gak?

Gua sampe bingung harus mulai dari mana deh. Terakhir gua post tentang kostrat itu tahun 2016 dimana gua bisa bilang titik balik kehidupan gua dimulai. Gua pindah ke Yogyakarta dengan alasan melanjutkan pendidikan. Dulu gua kira, pindah kota tempat tinggal adalah suatu hal yang hmm, tidak memungkinkan karena siap atau tidak, seluruh aspek kehidupan tentu harus beradaptasi ulang.

Jadi apa yang berubah dari devi di 2016 dan devi di 2020, ya?

Gua masih ingat hari dimana pulang dari hari pembagian rapot pas kelas 2 dan 3 SD, gua dapat catatan untuk orang tua karena gua dikenal sebagai anak yang egois, kalau ada maunya, semua orang harus menuruti, begitulah kasarnya. Ya dan gua ga memalingkan diri dari isu itu karena setelah dipikirpun gua pas kecil dulu selalu merasa superior wkwk bangsat banget emang siapa si itu hadeh. Bahkan gua pernah berfikir sampe, "Atau itu karena nama yang orang tua gua kasih ya, menyebabkan diri gua tumbuh layaknya Ratu Majapahit berabad-abad yang lalu?" iya pukul aja gua gapapa, guys. Gua juga pernah kehilangan sahabat karena diri gua yang bebal itu, tapi setelah gua reflect, mungkin karena tuhan tau kita ada di jalan yang berbeda aja, cause it leads me to another circle of friendship and we're cool after days, bahkan sampai sekarang akhirnya.

Selama SMP, gua tumbuh sebagai siswa yang ingin bergaul layaknya siswa normal tapi gabisa karena banyak temen-temen yang udah kenal gua dari SD, dan kenal gua sebagai Devi yang gua deskripsikan di atas. Karma kali ya karena gua banyak menindas orang dulu astagfirullah hahaha. Tapi dari kejadian itu gua banyak berkaca dan merubah banyak hal dalam diri gua. Devi saat itu banyak menutup diri dan memperkecil lingkaran pertemanan. Jauh lebih memilih punya temen dikit tapi at least bisa melihat gua dari nol lagi, menerima gua yang mencoba berubah.

Akhirnya, kenyamanan bersama dengan sedikit orang terus gua rasakan sampai sekarang. Quality over Quantity, katanya mah. Itu juga yang bikin gua jadi orang yang memandang tinggi loyalitas. Kalau punya temen, gua berusaha untuk tidak putus kontak dan terus merasa perlu berterima kasih. Gua juga beruntung punya lingkungan yang bisa membuat gua produktif, memperjuangkan sesuatu di masa depan yang sebenernya penting buat diri gua, salah satu motivasi yang bikin gua yakin untuk pindah ke Yogyakarta, gambling soal masa depan. Ga gambling juga si anjir orang gua banting tulang buat mencapainya hadeh.

Kalau diinget-inget banyak hal aneh terjadi ketika gua pindah ke Yogyakarta. Mari kita breakdown satu-satu. Pertama, tolong jangan dicontoh ya yang ini. Karena gua TK-SMP ada di sekolah islam, gua pernah terbesit--bukan terbesit juga sih, bahkan gua ngomong ke bapak gua kalau gua gamau masuk sekolah islam lagi karena sekolah kaya gitu pasti punya tambahan mapel berkaitan dengan agama yang cukup nge-distract gua. FYI aja, dulu gua kalau ngapal juz 30 bisa sampe sambat nangis-nangis ke mama karna susah banget rasanya buat ngapal. Nah, karena gua mikir kaya gitu tuh kayaknya akhirnya tuhan ngasi gua nem 370,5.

Dulu bayangan gua bisa masuk SMA 3 atau paling enggak SMA 8 lah. Eh ternyata boro-boro, baru masukkin berkas juga gua langsung dilempar dari SMA 8 tai hahaha. Masuklah gua ke SMA Negeri 5 Yogyakarta. SMA Negeri Muhammadiyyah Yogyakarta, kata orang-orang. Mantap banget emang akhirnya gua dicemplungin lagi ke sekolah dengan dasar agama yang kuat padahal sekolah negeri, temen gua seangkatan islam semua hehe dah gila emang. Jadi jangan sekali-kali ya teman-teman mikir pengen jauh-jauh dari agama. Malah tambah dideketin ama tuhan lu entar.

Kedua, sebenernya gua tiap liburan akhir tahun pasti pergi ke Jogja barang seminggu lah mesti ada. Itu udah jadi rutinitas walaupun sebenernya gua udah gaada keluarga lagi di Jogja, padahal papa orang jogja. Pas gua kelas 3 SD gua dibeliin gelang perak yang harganya ganyampe 500ribu. kalian yang sering bareng gua pasti tau gelang itu kan? Karena sekali-kalinya gua lepas juga paling kalau mau rontgen atau dalam kata lain, gapernah gua lepas. Gelang itu gua beli di Kotagede, tempat pengrajin perak di Jogja berkumpul.

Yang bikin heboh adalah, SMA 5 tu ya di Kotagede itu anjir. Pas PPDB pun gua sempet cek lokasi SMA 5, 6, dan 8. Tapi kaya apa yaa, gua merasa terikat dengan masa depan gua lewat gelang ini, yaallah lebay tapi serius deh. Bahkan berkas gua sempat ditolak untuk di verifikasi karena kurang CAP DARI DIKNAS. Sumpah jam itu juga bapak gua cabut balik Bekasi padahal penutupan PPDB kurang dari 24-25 jam. Bapak gua menceritakan peristiwa kejar-kejaran dengan waktu itu di facebooknya yang kalau sampai sekarang gua baca pun gua selalu merinding dan terharu. Aneh tapi gua menunggu bapak gua datang dari Bekasi membawa berkas yang di cap itu pun rasanya ga gelisah ga kenapa-kenapa karena tau emang udah takdirnya di SMA 5 hahaha. Berkas gua masuk sistem tepat 14 menit sebelum PPDB ditutup:-)

Gua gapernah nyangka bahkan dari hari pertama gua menginjakkan kaki di Yogyakarta gua udah di siram pelajaran. Sejak itu juga gua paham apa itu legowo, paham kalau sesuatu terjadi pasti ada alasannya. Hal itu juga yang bikin gua percaya bahwa tuhan adalah penulis skenario kehidupan manusia jauh lebih hebat dari kim eun sook yang nulis skenario DOTS dan Goblin, gaada apa apanya. Bersyukur, itu yang selalu gua cam-kan sampai sekarang akhirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How's life?

Sibuk di tengah pandemi